Senin, Desember 07, 2009

SBY Dan Demokrat Kini

Belum genap 100 hari kepemimpinannya SBY telah diguncang berbagai permasalahan yang berusaha menggerogoti kepemimpinannya. Dengan niat 100 hari kepemimpinannya akan diisi dengan berbagai kebijakan yang akan menguntungkan rakyat tapi kenyataannya yang terjadi adalah pukulan yang bertubi-tubi kepada pemerintahannya. Dimulai dengan berlarut-larutnya penyelesaian kasus Bibit dan Chandra yang memakan waktu lebih dari 2 bulan. Berlarutnya kasus ini lebih karena kurang tegasnya SBY dalam mengambil sikap terhadap kasus ini sehingga membuat rakyat kehilangan kepercayaan kepada lembaga hukum terutama kepolisian. Sebenarnya kasus ini tidak harus sampai selama ini bila SBY berani untuk bertindak tegas kepada para pembantunya.
Selesai satu masalah telah ada masalah lain yang lebih besar menunggu di depan mata. Kasus bank Century yang menyeret wapres Boediono benar-benar sebuah pukulan bagi SBY dan partai Demokrat. Isu yang berkembang di masyarakat bahwa dana talangan untuk century yang sebagian mengalir ke kantung partainya tampaknya sungguh membuat SBY kebakaran jenggot. Hal ini bisa kita lihat dengan sanggahan yang diucapkan SBY lebih dari 3 kali dalam pidatonya. Boediono yang sebelum menjadi wapres merupakan gubernur BI menjadi sasaran utama bagi mereka yang tengah berusaha membuka kasus century ini. Keputusannya bersama Sri Mulyani untuk memberikan dana kepada century tampaknya dipertanyakan banyak pihak.
Inilah saatnya bagi SBY untuk kembali mendapatkan dukungan dari para konstituennya dengan membantu penyelesaian kasus century ini, bukannya dengan memberi statement yang malah menambah kecurigaan di mata masyarakat. 9 Desember nanti hanyalah sebuah perayaan terhadap pemberantasan korupsi. Bila SBY merasa tidak melakukan hal tersebut hendaknya tidak perlu cemas dan khawatir dan tidak menunjukkannya secara terbuka kepada masyarakat luas karena kita sebagai warga negara menginginkan rasa aman dan bukan perasaan cemas dan khawatir melihat pemimpinnya merengek dan mengadu seperti anak kecil yang sedang dijauhi teman-temannya.
Semoga kasus century ini menjadi titik awal kebangkitan Indonesia yang bebas korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar