Senin, Januari 25, 2010

BANJIR

Jakarta dan banjir seperti dua kata yang tidak bisa dipisahkan belakangan ini terutama apabila masuk musim penghujan. Banjir seperti sudah menjadi masalah yang rutin yang harus dialami oleh sebagian warga Jakarta. Tidak hanya banjir kiriman tapi kini apabila hujan turun selama lebih dari 6 jam maka bisa dipastikan banyak daerah yang langsung tergenang oleh air. Bahkan jalan utama sekelas jalan Sudirman dan Thamrinpun tidak terlepas dari masalah ini.
Usaha pemerintah daerah dengan meningkatkan proses pengerjaan banjir kanat timur dan barat memang sudah tepat. Namun hendaknya juga perlu ada mega proyek selain kedua proyek tersebut untuk menanggulangi banjir yang terjadi di ibukota kita tercinta ini. Banjir kanal yang sedang dibuat sekarang ini masih belum cukup untuk mengatasi masalah masiv ini. Hendaknya pemerintah daerah mencanangkan proyek pembersihan dan pengerukan kali utama yang ada di Jakarta ini. DAS disepanjang sungai utama yang mengaliri ibukota ini harus bebas dari segala macam penggunaan tanah baik itu pemukiman maupun apapun juga namanya. Hal ini memang mengakibatkan penggusuran besar-besaran namun demi kepentingan yang lebih besar hendaknya hal ini perlu dilakukan. Apabila ini bisa dilaksanakan maka selain bisa mengatasi masalah banjir tapi juga hal ini dapat mengatasi prolem transportasi ibukota dimana transportasi sungai bisa dilaksankan secara optimal. Merupakan impian pribadi saya membayangkan bagaimana nantinya kita bisa melihat sungai ciliwung sepeti sungai-sungai yang mengalir dinegara-negara di Eropa.
Memang, usaha untuk mengatasi banjir ini perlu didukung tidak hanya oleh pemda jakata tapi juga oleh daerah-daerah penyangganya terutama daerah sekitar puncak yang merupakan hulu dari sungai-sungai yang mengalir di Jakarta. Namun menurut saya inti masalahnya justru lebih besar ada di dalam kota sendiri. Aliran air yang terhambat karena banyaknya sampah dan juga pendangkalan sungai akibat pengendapan sampah. Dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan dari pengambil kebijakan agar dapat mengatasi masalah banjir ini.
Jadi menurut saya ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau harus dilakukan oleh pemda agar dapat mengatasi masalah banjir di jakarta, antara lain :
1. Mensterilkan DAS sungai-sungai yang mengalir di Jakarta sehingga bebas dari berbagai macam penggunaan tanah seperti pemukiman ataupun jalan. Setidaknya jarak 1 meter dari sungai harus steril dari berbagai macam penggunaan tanah apapun.
2. Mengeruk dasar sungai sehingga air dapat mengalir lebih lancar.
3. Membuat saluran pembuangan bawah tanah yang sistematis, dimana hal ini bisa dilakukan seiring dengan proyek pemda untuk membuat MRT atau kereta bawah tanah.
Inilah beberapa solusi yang bisa ditawarkan agar masalah banjir ini bisa teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar