Jumat, Juli 31, 2009

Kemanakah Musikku Yang Dulu

Beberapa hari yang lalu dalam perjalanan ke Cibubur, secara tidak sengaja saya menemukan CD Stone Temple Pilots saya. Berharap untuk mengisi kebosanan di dalam kendaraan maka kemudian saya pasang CD itu. Entah darimana datangnya perasaan seperti dulu timbul lembali disaat musik grunge masih berjaya. Kocokan gitar yang khas dari Robert De Leo(dia termasuk gitaris kesukaan teman saya dulu) menghasilkan nada-nada yang begitu indah. Boleh dibilang saat sekarang ini saya jarang sekali membeli rekaman dari artis-artis baru. Entah mengapa saya merasa bahwa apa yang ditawarkan sekarang jauh dari apa yang ada dulu. Saya mulai mengenali dan memahami musik boleh dibilang sejak masa Grunge mulai merambah musik dunia. Lagu-lagu yang dihasilkan Soundgarden, Smashing Pumpkin dan lainnya pada masa itu kalau saya bilang adalah pencapaian puncak dari musik rock. Pada masa itu mereka bebas mengeksploitasi bunyi gitar, efek dan alat tang ada.
Mendengar apa yang ditawarkan sekarang saya merasa selalu ada yang kurang atau malah berlebihan. Ada sebagian band yang terlalu lembek dan boleh dibilang bukanlah aliran rock walaupun mengaku rock atau bahkan ada yang terlalu atau lebay kata anak sekarang malah jadinya ngak ngerti saya.
Entah saya yang ketinggalan jaman mungkin akan tetapi buat saya musik yang baik itu haruslah berasal dari hati dan apabila kita mendengarkannya hati kitapun turut merasakannya, dan semua ini ada pada musik grunge. Bila mendengarkan Spoon man ataupun Trippin On A Hole saya seperti ingin ikut bernyanyi dengan mereka.
Kalau saya ingin mengambil contoh, Peal Jam sebelum album Vitalogy adalah maha karya mereka, namun sekarang apa ada karya mereka yang bisa menyamai Black, Rearview Mirror?. Atau karya solo Chris Cornell apa ada yang bisa menyamai saat dia masih bergabung di Sound Garden. Menurut saya para musisi itu terlalu mencoba untuk mengeksplorasi sesuatu yang memang bukan akar bermusik mereka, Penggunaan alat elektronik memang tidak diharamkan tapi bila mengingat bahwa musik grunge adalah eksplorasi dari musik rock n rool pada jaman seperti Led Zeppelin ataupun Deep Purple ataupun Roses tentunya hasilnya tidak akan begitu berbeda, Kini seakan-akan musisi-musisi itu mengharamkan apabila mereka menghasilkan karya musik seperti jaman keemasan mereka. Dengan dalih bahwa mereka juga harus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman menurut saya sudah salah kaprah. Sangat disayangkan apabila anak sekarang tidak bisa lagi mendengar lagu-lagu seperti Black ataupun Smells Like Teen Spirit versi sekarang karena para musisi menganggap musik seperti itu sudah ketinggalan jaman,
Tapi semua berpulang kepada selera masing-masing tapi yang jelas buat saya belum ada band baru yang mampu menggantikan band-band Seattle Scene hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar