Selasa, November 03, 2009

MU Tanpa Ronaldo


Kepergian Ronaldo ke Santiago Bernabeau memang membawa dampak yang besar terhadap Manchester United. Kontribusi Ronaldo terhadap pencapaian MU selama ini memang cukup signifikan, hal ini terbukti dengan gelar yang diraih MU selama kehadirannya. Tidak hanya apik mengoper bola namun kemampuannya mencetak gol dari bola mati sering mebuahkan kemenangan kepada MU dalam laga-laga krusial. Untuk mengisi tempat yang ditinggal Ronaldo, Fergie telah memboyong beberapa pemain yang diharapkan dapat mengisi kekosongan yang ada. Diantara pemain yang baru dibeli oleh Ferguson antara lain Antonio Valencia dan Gabriel Obertan.

MU sebetulnya tidak perlu terlalu khawatir ditinggal oleh Ronaldo, hal ini karena pemain-pemain yang ada sekarangpun mampu mengemban tugas dengan baik. Nani yang merupakan teman setim Ronaldo di timnas Portugal kini dapat lebih memperlihatkan kemampuannya dalam membantu tim. Andersonpun kini lebih sering dimainkan oleh Fergie. Valencia yang baru masukpun mampu bekerjasama dengan rekan-rekannya yang baru. Selain para pemain muda itu masih ada pula para pemain senior yang ternyata masih mampu memberikan kontribusi maksimal buat tim. Ryan Gigs yang merupakan pemain paling senior di tim MU sekarang masih mampu menyisir pinggir lapangan untuk memberikan umpan-umpan akurat kepada para penyerang yang diisi oleh Wayne Rooney dan Berbatov. Dari lini per lini yang perlu mendapat perhatian lebih oleh Fergoson adalah lini belakang dan penjaga gawang. Edwin Vandersar yang telah memasuki usia senja memang masih kokok menjadi pengawal terakhir MU dilapangan, namun penggantinya itulah yang sampai sekarang masih menjadi tanda tanya besar. MU dikenal mempunyai kiper yang tangguh untuk mengawal gawangnya. Dulu kita semua tentu mengelnal Piter Schemeicel. Setelah dia pensiun kemudian gawang MU pernah dikawal oleh Fabian Barthez. Walaupun Bartherz sering membuat blunder namun keperkasaannya dibawah mistar gawang tidak perlu diragukan. Pelapis yang ada sekarang tampaknya tidak memuaskan Fergie. Ben Foster dan John Kusczak tampaknya belum mampu mengantikan posisi Vandersar.
Selain penjaga gawang, lini belakang tampaknya harus mendapat perhatian juga. Memang lini ini diisi oleh pemain belakang yang berkelas dan tangguh, namun melihat permainan Ferdinand dalam beberapa pertandingan terakhir cukup mengkhawatirkan. Tampaknya Fergie harus memutar otak untuk mencari penggati Rio, apabila kenyataan dilapangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Wes Brown yang diproyeksikan untuk menjadi pengganti Rio tampaknya belum siap untuk menerima peran tersebut. Hal ini membuat Vidic tampaknya harus bekerja lebih keras pada musim ini.

Owen Hargraves yang walaupun telah pulih dari cedera, namun masih diragukan bisa tampil. Gelandang bertahan inilah yang tampaknya diperlukan oleh MU. Paul Scholes lebih bertipe penyerang daripada bertahan. Bila melihat melemahnya lini belakang MU, Fergie hendaknya mencari seorang gelandang yang bertipe bertahan. Baik Michael Carrick maupun Daren Fletcher mempunyai tipe yang sama dengan Scholes, sehingga diperlukan pemain baru di lini ini.
Bila Valencia telah menunjukkan kemampuannya, Obertan yang baru dibeli dari tim Perancis Bordeaux masih belum mendapatkan tempat dalam starting eleven. Namun melihat penampilannya dalam laga melawan Blackburn kemarin, pilihan Fergie tidak salah. Obertan mampu bekerjasama dengan baik dan hampir saja menyumbangkan gol dalam pertandingan tersebut apabila dia lebih sabar dalam menuntaskan operan Owen. Owen yang oleh Fergie dipercaya mengenakan nomor keramat 7 tampaknya belum maksimal penampilannya. Walaupun begitu Owen telah menyumbangkan gol bagi MU dalam beberapa laga dan hal ini cukup memuaskan Fergie.
Musim ini tampaknya akan menjadi musim yang berat buat MU, baik lokal maupun internasional. Di Premier League persaingan juga semakin berat dengan munculnya kekuatan baru selain the big four. Pesaing yang muncul justru datang dari kampung halaman sendiri, yaitu Manchester City. Pembelian pemain baru dengan mendatangkan Adebayor dari Arsenal dan Tevez dari MU telah membuat the citizen menjadi salah satu kandidat kuat juara. Di liga Champion, selain Real Madrid yang telah memboyong Kaka dan Ronaldo masih ada juara bertahan Barcelona yang masih solid. Jadi tampaknya Ferguson dan pemainnya harus bersabar dan terus berusaha sebaik-baiknya agar bisa memberikah hasil maksimal diakhir musim. VIVA MANCHESTER UNITED.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar