Kamis, April 09, 2009

Antara Hak dan Kewajiban

Pemilu tinggal beberapa jam saja dan nasib bangsa kita ditentukan oleh hasilnya. Dengan masih banyaknya masalah terutama DPT, pemilu tetap dilaksanakan dengan harapan dapat berjalan dengan sukses dan damai. Kalau kita lihat di lapangan ternyata minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu kali ini masih sangat besar, terutama di daerah dengan banyaknya protes dari mereka yang tidak terdaftar dalam DPT sehingga tidak diperbolehkan untuk memberikan haknya nanti.
Mencoblos, mencontreng atau apalah namanya adalah hak setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk dapat memilih atau memberikan suaranya dalam pemilu. Kalau banyak orang sekarang bilang kalau kita lebih baik golput saja karena toh suara kita tidak ada gunanya, saya sangat tidak setuju dengan pendapat ini. Justru dengan kita tidak melaksanakan hak pilih kita ada kemungkinan nantinya suara kita itu akan dipergunakan oleh oknum-oknum tertentu. Memang azas pemilu yang luber dan jurdil itu tampak seperti slogan belaka namun kita tidak boleh pesimis, kita tidak boleh apatis terhadap perubahan menuju perbaikan demokrasi di negara kita. Menurut saya memilih atau mencontreng itu adalah hak dan juga kewajiban warga negara yang peduli pada nasib bangsanya. Mengapa saya katakan kewajiban karena adalah kewajiban kita untuk turut serta dalam usaha membangun bangsa dan negara kita ini.
Dengan harapan bahwa nantinya suara yang kita berikan itu akan dapat membawa perubahan jangan dipadamkan oleh suara-suaran miring yang menyerukan untuk golput atau apapun itu namanya. Dengan golput berarti kita sudah tidak percaya dengan para pemimpin kita. Bagaimana suatu pemerintahan dapat dibangun dengan baik tanpa adanya kerpecayaan dari rakyatnya. Oleh sebab itu kita tetap harus optimis dan yakin bahwa dengan pemilu kali ini akan membawa negara kita menuju hal yang lebih baik.
Dengan masih banyaknya kekurangna disana-sini, saya harapkan semoga pemilu dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar