Kamis, April 23, 2009

Hari Bumi

Hari ini masyarakat dunia merayakan hari bumi. Sebagai bagian dari masyarakat dunia dan sebagai bagian dari masyarakat yang peduli akan nasib bumi kita ini hendaknya kita turut serta merayakannya atau setidaknya tahu bahwa hari ini adalah hari bumi. Ada banyak cara untuk turut serta dalam usaha untuk memperbaiki atau setidaknya menahan laju kehancuran yang terjadi terhadap bumi yang kita tempati ini. Setiap detik, manusia yang ada diatasnya tampak berlomba-lomba untuk turut serta atau berperan aktif dalam usaha untuk membuat agar bumi ini tidak layak lagi ditempati oleh makhluk hidup.
Ada banyak cara untuk menyatakan bahwa kita juga peduli terhadap nasib bumi kita ini. Melalui kelompok kecil dari lingkungan kita sendiri misalnya, yaitu dari lingkunga keluarga atau bahkan lebih kecil lagi yaitu diri kita sendiri. Bagaimanakan selama ini kita menggunakan air untuk keperluan hidup sehari-hari. Kita dapat memulai dengan menghemat air yang kita gunakan, seperti pada saat menggosok gigi, air dapat kita matikan pada saat menggosok gigi dan tidak dibiarkan terus mengucur. Air pel yang telah selesai kita pergunakan, dari pada dibuang begitu saja dapat kita gunakan sebagai air untuk menyiram tanaman yang ada di sekitar rumah kita, tentunya air yang tidak mengandung zat kimia.
Selain air, kita juga dapat menghemat penggunaan listrik. Kita bisa mengurangi beban listrik di rumah kita dengan mematikan lampu-lampu yang memang tidak sangat diperlukan. Intinya banyak cara untuk peduli terhadap nasib bumi kita ini. Semua itu harus dimulai dari kelompok terkecil atau dari setiap individunya, karena kita tidak bisa langsung merubah gaya hidup yang sudah salah kaprah ini hanya dalam waktu sekejap. Kita selama ini dibutakan oleh apapun namanya itu yang menyatakan bahwa bumi yang kita tempati ini akan selalu bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia sampai akhir jaman.
Semoga setelah membaca tulisan ini kita semua dapat mulai merubah gaya hidup kita dan lebih ramah terhadap lingkungan, karena tanpa mereka kita ini tidak ada apa-apanya.
...Save Our Lives...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar