Senin, April 06, 2009

Hujan Mendominasi GP Sepang


Seri kedua GP F1 kembali digelar di sirkuit Sepang, Malaysia. Jenson Button yang menjuarai seri pertama di Merlbourne kembali menempati pole positition. Race dimulai sore hari dengan keadaan cuaca yang sebenarnya cerah sehingga para pembalap memutuskan untuk memakai soft tire. Start dimulai dengan baik tanpa ada kecelakaan. Rosberg dari team Williams berhasil mencuri start dan langsung memimpin jalannya lomba diikuti oleh Jarno Trulli, sedangkan Button ada di posisi 3. Di awal lomba kembali pembalap Mclaren, Kovailanen harus keluar lomba diikuti oleh Kubica. Balapan berjalan lancar sampai pertengahan lomba. Seperti kita semua tahu bahwa karateristik sirkuit Sepang yang sering hujan dan hal ini tampaknya benar-benar akan terjadi pada balapan sore ini. Awan mendung mulai tampak namun belum turun hujan. Pada saat Rosberg dan Trull i masuk pit, Jenson terus memacu mobilnya dan dapat menghasilkan jarak yang cukup jauh dengan pesaingnya itu. Saat kondisi cuaca mulai hujan para pembalap masuk pit, termasuk Jenson dan mengganti bannya dengan full wet dan hanya Timo Glock yang menggunakan medium tire. Benar saja ternyata mobil Toyota yang dipacu Glock berhasil menyodok beberapa pembalap yang menggunakan full wet. Hal ini membuat team memanggil kembali semua pembalapnya untuk merubah bannya.
Perlombaan kali ini benar-benar sangat dipengaruhi oleh hujan yang turun di sirkuit. Pada saat semua team mengganti bannya ke medium, selang tak berapa lama hujan malah bertambah besar dan hal ini membuat pembalap kembali masuk pit untuk mengganti bannya. Namun memasuki 24 putaran menjelang finish, hujan disertai badai menerpa sirkuit dan membuat pertandingan di tunda. Setelah menunggu selama kurang lebih 1 jam, Race Director memutuskan untuk tidak melanjutkan lomba. Akibat hal ini para pembalah hanya mendapatkan 1/2 point.
Hasil GP Sepang adalah posisi pertama kembali ditempati oleh Jensen Button dari team Brown Mercedes diikuti oleh Nich Heidfeld dari team BMW Sauber dan T. Glock dari team Toyota, Jarno Trulli menyusul ditempat keempat dan Barichello di tempat ke lima. Secara garis besar race kali ini tetap memperlihatkan team Brown sebagai team yang membuat kejutan di musim kali ini. Namun setelah race ini akan digelar sidang untuk membahas keberatan yang diajukan oleh 3 team terhadap penggunaan diffuser di mobil dari team Brown, Williams dan Red Bull.
Selamat buat Ross Brown dan teamnya, saya harap mereka dapat terus mempertahankan performa mobilnya sehingga membuat balapan musim ini tidak membosankan dan hanya berhasil dimenangkan ole team-team unggulan saja.
Bravo Button, Bravo Brown, Bravo F1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar