Rabu, Maret 11, 2009

The Father of Pop Art


Andy Warhol dilahirkan oleh keluarga imigran yang berasal dari Slovakia pada tanggal 6 Agustus 1928. Dibesarkan di daerah pekerja kelas menengah di kota Pittsburgh, Warhol telah menunjukkan ketertarikannya pada bidang melukis dan fotografi pada usia dini. Dia adalah orang pertama di keluarganya yang berhasil masuk ke perguruan tinggi, Carnegie Institute of Technology(sekarang menjadi Carnegie Mellon University). Dia masuk pada tahun 1945, dan mengambil jurusan Pictorial Design.
Setelah lulus, dia berinisiatif untuk pindah ke New York yang merupakan episentrum dari dunia seni, penerbitan dan fashion. Seperti sudah ditakdirkan, karirnya berkembang pesat di sini dengan menjadi ilustrator di beberapa majalah ternama antara lain Glamour, Vogue, Harper's Bazaar dan Newyorker. Artikel yang pertama yang ditulisnya untuk Vogue berjudul"Succes in a job in Newyork".
Andy Warhol mencapai puncak ketenarannya dan pengakuan dari dunia internasional sejak tahun 1960, banyak karyanya yang saat ini dianggap sebagai ikon dunia seni pop abad ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar