Rabu, Maret 18, 2009

Thug Life


Tidak banyak rapper yang dapat menancapkan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan musik rap di dunia khususnya di Amerika. Sebagai negara tempat lahirnya jenis musik tersebut, ada banyak sekali musisi berbakat disana. Untuk dapat menjadi terkenal, seorang rapper haruslah mempuyai ciri khas yang menandakan keberadaanya. Saya mungkin bukanlah seorang penggemar berat musik rap, namun saya sangat tertarik dengan orang satu ini. Karena dialah hingga kini saya mulai menyukai dan memperhatikan perkembangan musik yang satu ini.
Tupac Amaru Shakur (June 16, 1971 - September 13, 1996), juga dikenal dengan nama panggungnya 2pac dan Makaveli. Selain mampu berkibar sebagai artis papan atas dalam industri rekaman, 2pac juga seorang aktor kawakan dan aktivis sosial. Kebanyakan dari lagu-lagunya menggambarkan kerasnya kehidupan di Ghetto, isu rasis dan narkotika dan juga perseteruannya dengan rapper lain. Karirnya dimulai sebagai rodie dan penari latar dari group hip hop underground, Digital Underground. Debut albumnya yang bertitel 2Pacalypse Now, mendapatkan perhatian dan kritikan yang keras karena liriknya yang sangat vulgar dan kontroversial.

Shakur menjadi target dari berbagai tuntutan dan masalah hukum. Hal ini tidak lepas dari aktivitas dan kehidupannya yang dekat dengan dunia narkotika dan aktivis sosial. Pada saat itu juga dia menjadi target penembakan yang terjadi di lobby studio rekaman di New York City. Penembakan ini menjadi cikal bakal terjadi perseteruan yang terjadi antara west coast dengan east cost. Tak berapa lama dia terbukti melakukan pelecehan seksual dan menjalani hukuman selama 11 bulan. Setelah keluar dari penjara dia bergabung dengan Death Row Label dan meneken kontrak untuk mengeluarkan 3 album dibawah naungan label tersebut.
Pada 7 September 1996, Shakur menerima 4 kali tembakan di tubuhnya oleh penembak misterius di Las Vegas. Dia menghembuskan napas terakhir akibat kegagalan pernapasan dan gagal jantung di University Medical Centre.
MTV menetapkan 2 Pac diperingkat 2 dari "The Greatest MCs of All Time"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar